Monday, June 23, 2014

Tips Ampuh Mencegah Penyakit Jantung Koroner



Penelitian menunjukan, penyakit jantung koroner adalah penyakit pembunuh nomer satu di dunia, penyakit ini menjadi momok yang sangat menakutkan bagi semua manusia karena penyakit ini lebih ganas daripada penyakit kanker, tak kurang dari ribuan orang meregang nyawa tiap tahun nya akibat penyakit mematikan ini, setiap orang bisa terkena penyakit ini tak kenal usia, baik tua dan muda, termasuk Anda sekarang mungkin tak sadar akan bahaya penyakit ini, sehingga Anda masih menjalani hidup yang kurang sehat. Sekarang pertanyaan nya, adakah cara ampuh untuk emngobati penyakit paling mematikan di dunia ini?? Simak tips di bawah ini jika Anda mau terhindar dari penyakit yang bisa merenggut nyawa Anda setiap saat.
Beberapa hal yang harus Anda lakukan supaya terhindar dari penyakit jantung koroner, Anda harus melakukan nya secara berurutan sehingga Anda akan memperoleh hasil ang maksimal, yang harus Anda lakukan yaitu sebagai berikut :

Berolah raga secara teratur

Olah raga seperti berjalan kaki, jogging, adalah salah satu yang bisa Anda lakukan setiap hari, jangan terlalu sering menggunakan kendaraan jika bepergian, Anda bisa melakukan nya ketika pergi ke kantor, menaiki tangga,di kantor, atau pun berjalan beberapa meter menuju kamar kecil. Hal ini berguna supaya melancarkan peredaran darah ke seluruh tubuh, semakin banyak kalori yang di keluarkan semakin menjauhkan kemungkinan Anda menderita penyakit jantung koroner.

Konsumsi makanan sehat

Faktor yang yang sangat menentukan Anda terhindar dari penyakit jantung koroner selain berolah raga secara teratur adalah dengan mengkonsumsi makanan sehat, hindari makanan yang banyak mengandung lemak, kolesterol tinggi,seperti junk food, makanan siap saji, seafood dan jeroan, hindari makan gorengan, sebaiknya makanan yang Anda santap di masak dengan cara di rebus, di kukus atau di panggang.
Pilih makanan low fat atau tanpa lemak, jika Anda suka susu dan produk turunan nya seperti keju, mentega pilih lah yang rendah lemak. Salah satu nya Anda bisa menggantinya dengan olive oil / minyak zaitun jika makanan yang Anda santap harus di olah dengan cara di goreng.
Selain makanan yang rendah lemak. Kurangi juga makanan dengan kadar gula tinggi ( soft drink  dan makanan lain dengan gula tinggi ) kurangi makanan dengan karbohidrat,karena karbohidrat akan di oleh menjadi lemak di dalam tubuh, Anda bisa menggantinya dengan mengkomsui oat atau gandum.

Stop merokok

Salah satu kebiasaan yang kurang baik dan bisa sangat merusak kesehatan jantung adalah merokok, berbagai zat berbahaya yang terkandung dalam sebatang rokok bisa berakibat fatal untuk jantung Anda, kebiasaan ini memang sangat mudah kita temui di kalangan masyarakat, dan jika sudah kecanduan sangat sulit untuk melepaskan kecanduan merokok. Segera berhenti merokok jika Anda mau terhindar dari bahaya penyakit jantung koroner.

Menghindari stress

Stres seperti sebuah pisau, bisa bermanfat bisa juga berbahaya, karena stress dengan kadar tertentu bisa mendorong seseorang untuk mengeluarkan kemampuan terbaiknya, mengeluarkan ide ide dan kreatifitas. Namun jika stres sudah berlebihan bisa berakibat fatal untuk kesehatan jantung Anda. hormon cortisol yang di keluarkan oleh tubuh ketika stres bisa menyebabkan pembuluh darah kaku, serta Hormon norepinephrine akan diproduksi tubuh saat menderita stres, yang akan mengakibatkan naiknya tekanan darah. Hindari stres dengan banyak berolah raga, bergaul dengan sahabat dan keluarga adalah cara ampuh menghindari stress yang berlebihan.

No comments:

Post a Comment